Sedikit review Weirewei/Baofeng UV-3R Plus

Weirewei/Baofeng UV-3R Plus

Weirewei/Baofeng UV-3R Plus

Sudah hampir seminggu saya memiliki HT yang imut-imut ini.. Ya! HT ini memang imut-imut karena bentuknya yang kecil, tapi jangan salah, HT ini dual band loh.. Bisa Rx dan Tx di VHF dan UHF..
Tujuan utama saya membeli HT ini adalah untuk istri saya yang notabene bekerja di lapangan, maklum istri saya bekerja di bidang riset pertanian dimana terkadang bila tanam percobaan di lahan yang luas dan kadangkala juga tidak tercover sinyal dari telepon selular.

Berburu HT di kota Jogja itu gampang-gampang susah, selain penjualnya minim, barang-pun belum tentu ada. Hikmah dari perburuan HT ini bagi saya adalah, sabar, mau bertanya, dan tetap semangat.. Semangat cari duit lagi maksudnya.. Hahahaha!

HT ini saya dapat di wawanhtyogya dengan harga yang cukup masuk akal, berbeda tipis dari harga di sebuah toko online di kota Solo. Selisih ini yang membuat saya semangat, selain lumayan besarannya, bisa diaplikasikan untuk mengupgrade antena bawaan UV-3R Plus ini untuk dapat Rx/Tx lebih baik.

Adapun spesifikasi HT ini yaitu:

. Frequency Range: VHF 136-174 / UHF 400-470MHz  ( Unblocked )
. Dual-Band Display, Dual-Standby
. Output Power: 2 Watts
. 99 Channels + 1 Emergency Channel
. 50 CTCSS and 104 CDCSS
. Built-in VOX Function
. 1750Hz Brust Tone
. FM Radio (87.0MHz-108.0MHz)
. LED Flashlight
. Large LCD Display
. High /Low Power Switchable
. 25KHz/12.5KHz Switchable
. Emergency Alert
. Low Battery Alert
. Battery Saver
. Time-out Timer
. Keypad Lock
. Monitor Channel
. Channel Step: 5/6.26/10/12.5/20/25KHz

Kesan-kesan

Dimensi HT ini mini, kalau untuk wanita sangat cocok, tidak makan tempat dan sangat mudah dipoerasikan. Sayangnya karena bentuk yang mini, HT ini-pun minim tombol, sehingga jika ingin pindah frekuensi harus memutar tombol besar yang ada di atas. Rx untuk FM radio lumayan bagus untuk sekelas HT buatan China. Buku manual yang saya dapat sudah berbahasa Indonesia, namun minim info pengoperasian untuk sub-menunya. LED Flashlightnya cukup terang, sehingga bisa membantu jika digunakan dalam kegelapan. Rx masing-masing band cukup bagus, untuk Tx sudah cukupan, dengan catatan sebaiknya antena diupgrade. Ketahanan baterai seri ini kira-kira bisa bertahan 1-2 hari tergantung pemakaian, hal ini wajar karena kapasitas baterainya tidak besar.

Kesimpulan

Bagi saya HT ini sudah lebih dari cukup, karena HT ini akan lebih banyak digunakan oleh istri. Namun saya bisa sampaikan bahwa HT ini cukup bandel walau bukan ampuh, hehehehe.. Dari budgt yang dikeluarkan tidak besar namun sudah bisa meng-cover kebutuhan.

Kenapa Weirewei atau Baofeng? Karena secara fisik dan isi kedua merk ini sama, sehingga saya angkat judul seperti itu.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Klo kmampuannya gmn mas? mksudnya jangkauannya

PUYUHPRIANGAN mengatakan...

Pernah pakai antena luar gak pak?

PUYUHPRIANGAN mengatakan...

Sy pake uv5r gak pernah matching dg antena base

syaikh abu ilyas mengatakan...

Gan pake anatena apa uv3R
nya?