HP Laserjet 1010 Trouble

HP LaserJet 1010
Dua hari yang lalu salah satu printer laser di kantor saya trouble, indikasinya bila printing terkadang hanya kertas saja yang keluar, tanpa ada gambar atau tulisan sama sekali.. Setelah berkonsultasi dengan mbah Google kemungkinan penyebab trouble ada bermacam-macam. Berdasarkan informasi itu akhirnya saya bongkar total printer itu..

Laserjet 1010 disassembly
Saya telaah satu persatu komponen yang ada, mulai sensor-sensor hingga drum toner, saya bersihkan satu persatu dan saya lumasi bagian-bagian mekanis yang bergerak, saya rangkai kembali dan sempat printing normal, namun pada lembar ketiga masalah kembali muncul, printer memuntahkan kertas panas yang kosong.. 
Hmmm.. Apa gerangan penyebabnya??? Saya kembali membongkar printer tersebut, saya cermati kebiasaan printer itu saat printing dan saya pelajari setiap bunyi yang muncul..
Solenoid bermasalah
Dari hal tersebut akhirnya saya mencermati sebuah komponen yang tidak bekerja secara normal, walau secara fisik komponen itu nampak tidak bemasalah.. Komponen tersebut adalah sebuah solenoid yang bertugas untuk mengunci paper tray, tidak normalnya terletak pada sudah lemahnya per pengatur pergerakan gigi roller penahan paper tray.
Berbekal tang kecil bermoncong panjang saya perpendek per itu supaya kembali menarik kencang, setelah saya rangkai kembali, printer laserjet 1010 dapat kembali beroperasional secara normal tanpa memuntahkan kertas polos yang panas..

Tidak ada komentar: