Pengalaman Reschedule dan Pembatalan Tiket Kereta Api

Saya mau share tentang pengalaman proses reschedule dan pembatalan perjalanan kereta api.
Pembatalan Tiket Kereta Api
  • Cetak tiket di loket penukaran tiket terlebih dahulu.
  • Bawa tiket ke Customer Service.
  • Laporkan kepada petugas CS bahwa kita mengajukan pembatalan tiket kereta api.
  • Isi form yang diberikan serta lampirkan copy identitas sesuai dengan yang dicantumkan di tiket.
  • Tentukan pilihan bea pengembalian tiket, apakah cash atau transfer bank, jika cash tentukan di stasiun mana bea tersebut diambil dan jika ditransfer isikan nama bank dan nomor rekening kita.
  • Tanda tangani form tersebut lalu bawa ke loket pembatalan tiket.
  • Beritahukan ke petugas loket tentang pembatalan tiket dan serahkan form dari CS beserta tiket yang akan dibatalkan.
  • Petugas akan mengkonfirmasikan pembatalan tiket dan mencetak Bukti Pembatalan Tiket.
  • Simpan Bukti Pembatalan Tiket ini untuk nantinya digunakan untuk mencairkan bea pengembalian pembelian tiket kereta api (berlaku untuk pengambilan cash di stasiun).
  • Bea pengembalian dikenakan biaya sebesar 25% dari nilai tiket, proses pengembalian memakan waktu selama 30 hari.
Reschedule Perjalanan Kereta Api.
  • Cetak tiket di loket penukaran tiket terlebih dahulu.
  • Bawa tiket ke Customer Service.
  • Laporkan kepada petugas CS bahwa kita mengajukan reschedule perjalanan kereta api.
  • Isi form yang diberikan serta lampirkan copy identitas sesuai dengan yang dicantumkan di tiket.
  • Untuk reschedule perjalanan, isikan di form tersebut nama, jam dan kelas kereta pengganti.
  • Petugas CS akan memberitahukan biaya reschedule perjalanan kereta.
  • Tanda tangani form tersebut lalu bawa ke loket pembatalan/ reschedule tiket.
  • Beritahukan ke petugas loket tentang reschedule tiket dan serahkan form dari CS beserta tiket yang akan dirubah jadwalnya.
  • Petugas akan mengkonfirmasikan biaya reschedule.
  • Bayar biaya yang timbul.
  • Petugas akan mencetak tiket baru sesuai dengan jadwal yang kita inginkan.
  • Cek ulang data-data yang ada di tiket yang baru.
UPDATE!!!
Jika pembatalan diwakilkan, harap sertakan surat kuasa yang ditanda tangani di atas materai.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

terima kasih infonya Must Dimas

Unknown mengatakan...

Ini mudah dilakukan bagi penduduk yang dekat dengan stasiun KA. bagi kami warga bali yang jauh dari stasiun?