Pengalaman Cuci Hidrolis

Sempat juga akhirnya menulis kembali.. Pengalaman ini sering sekali saya alami apabila sang "Ranger" pulang dinas, yaitu tak lain tak bukan adalah Ford Ranger 3.2 XLT..
Walau kendaraan lapangan namun harus senantiasa bersih, alhasil kegiatan rutin cuci mobil adalah kegiatan wajib demi menjaga kebersihan dalam kabin. Kenapa saya bagi pengalaman ini? Karena, eh karena dari beberapa outlet cuci mobil di sini (Plat AB) tidak kuat mengangkat si bongsor ini.
Selidik punya selidik, ketidak mampuan hidrolis mengangkat si bongsor ini karena memang bobotnya yang melebihi kemampuan sang hidrolis itu sendiri. Ford Ranger ini memiliki bobot sekitar 2 ton lebih, sedangkan sang hidrolis hanya mampu mengangkat beban maksimal 2 ton saja.
Biasanya saat dicuci, si "Ranger" hanya mampu diangkat setinggi sepertiga dari tinggi maksimum hidrolisnya, cukup untuk membersihkan kolong dan roda walau harus dengan membungkuk. Berbeda dengan kendaraan sebelumnya, yaitu Isuzu Panther Adventure yang bobotnya tidak berat sekali, sehingga hidrolis bisa dengan mudahnya mengangkat ke ketinggian maksimal.
Kesimpulannya, bahwa si "Ranger" harus ada perlakuan khusus untuk mencucinya. yaitu dengan menggunakan hidrolis yang mampu mengangkat beban lebih dari 2 ton atau dengan kata lain hidrolis yang mampu mengangkat truk 'engkel'.

Tidak ada komentar: